TIGA PILAR KEL. TEGALGUNUNG HADIRI PERTEMUAN PENINGKATAN KAPASITAS TIM GERAK CEPAT (TGC)


Semboyan.IDBlora - Babinsa Kel. Tegalgunung Koramil 01/Blora Sertu I. Marjono bersama Bhabinkamtibmas Polsek Blora Bripka Aipda Eko Heri Waluyo menghadiri acara pertemuan pendampingan Tim Gerak Cepat (PTGC) bertempat di Kel. Tegalgunung, Kec / Kab. Blora. Kamis (14/10/2021)

" Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kalur Erny Endrawaty, SE, M.M., Bidan Kelurahan ibu Sinta Novia, A.Md, Keb, Tim dari UPTD Puskesmas Blora yang diketuai Ayu, Kader Tracer, Perangkat Kelurahan serta Tomas, Toga dan perwakilan warga.


Dewasa ini berbagai faktor risiko dapat menyebabkan kejadian penyakit potensial kejadian luar biasa (KLB) Sehingga menjadi masalah kesehatan masyarakat. Setiap tahun dilaporkan terjadi KLB penyakit menular di beberapa daerah dan sering menimbulkan keresahan di masyarakat.

Kalur Erny Endrawaty dalam sambutannya menyampaikan, kesiapsiagaan terhadap setiap kejadian penyakit menular secara khusus dan masalah kesehatan tersebut secara umum merupakan hal yang sangat penting dalam penanggulangan masalah kesehatan.

Pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan khususnya penyakit menular yang potensial KLB, membutuhkan suatu sistem pengendalian yang responsif terhadap setiap bentuk kejadian penyakit menular yang terjadi di masyarakat, tuturnya.

Di kesempatan yg sama Babinsa juga menyampaikan, upaya kesiapsiagaan menghadapi ancaman KLB dan atau wabah penyakit menular dapat dilakukan pada bagian hulu yakni sebelum KLB dan atau wabah terjadi melalui penguatan jejaring TIM gerak cepat baik lintas program maupun lintas sektor.

TGC mempunyai tanggung jawab yang sangat penting untuk mengupdate informasi penyakit potensial KLB, kecepatan menshare informasi tersebut kepada lintas program dan sektor serta melakukan respon cepat, Jelasnya. (Pen01)

Komentar