Babinsa Harus Punya Kemampuan Intelijen Teritorial


Semboyan, Blora - Sebagai ujung tombak satuan komando kewilayahan, setiap anggota Babinsa harus memiliki kemampuan intelijen teritorial. Hal ini diperlukan agar dapat melakukan deteksi dini dan cegah dini segala potensi gangguan keamanan di tengah masyrakat.

Danramil12/Ngawen memberikan Jam Komandan tentang "kesiapan aparat komando kewilayahan (Babinsa) untuk mengasah kemampuan teritorial" di aula Makoramil Ngawen, Selasa (21/05/19) kemarin.

Danramil 12/Ngawen Kapten Cpl Sumanto mengatakan “Perlu diketahui bersama bahwa dinamika kehidupan masyarakat yang berkembang saat ini, adalah adanya paham radikal, berita hoaks dan berbagai ajaran yang menyimpang dari konstitusi yang berlaku maupun dari ajaran agama yang benar,” ungkap Danramil.

Dalam kaitan itu, jelas Danramil, maka sangat diperlukan kemampuan bagi para aparat komando kewilayahan untuk dapat melakukan deteksi dini, cegah dini dengan berkoordinasi aparat lainnya sehingga dapat menimbulkan rasa aman di tengah masyarakat.

 
Dijelaskan Danramil, dalam rangka menghadapi kompleksitas permasalahan pembinaan teritorial saat ini yang dikaitkan dengan kemajuan iptek, Babinsa sebagai ujung tombak Satkowil yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat mempunyai tugas tanggung jawab yang mulia.

“Oleh karena itu harus senantiasa mengasah kemampuan diri untuk selalu berinovasi dan berkreasi, agar peran di satuan teritorial benar benar dirasakan kehadirannya oleh masyarakat, yang pada akhirnya akan terwujud kemanunggalan TNI dan rakyat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Danramil memaparkan bahwa kegiatan tersebut digelar dengan tujuan agar para aparat komando kewilayahan memahami perintah-perintah ataupun tugas yang harus dilaksanakan. Dengan begitu harapannya di lapangan tidak terjadi kendala terkait dengan perkembangan situasi di wilayah saat ini.

“Selain itu dapat bekerja sama dengan semua instansi yang ada, dan harapannya seluruh aparat komando kewilayahan dapat mengerti dan memahami dalam setiap pelaksanakan tugas dengan baik,” sambungnya. (slk)

Komentar