Babinsa Koramil 04/Tunjungan Bantu Petani Aliri Sawah

Semboyan, Blora - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Tamanrejo, Serma Diding, Rabu (22/5/2019) melaksanakan pendampingan pertanian, kepada warga binaannya. Pendampingan tersebut, dilakukan Serma Diding dengan membantu para petani di Desa Tamanrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, untuk mengairi lahan persawahan mereka, yang sudah beberap pekan ini hujan belum juga turun.

Diketahui, saat ini di daerah tersebut sedang dilanda kekurangan pasokan air, yang kalau dibiarkan akan mengancam tanaman padi milik para petani. Mereka khawatir tanaman padi miliknya tidak bisa berlangsung lama akibat pasokan air yang kurang. “Sudah lama hujan tidak turun beberapa pekan ini, yang mengakibatkan lahan persawahan kami mulai kekuarangan air bahkan cenderung ada beberapa lahan yang mulai mengering,” terang Serma Diding saat dirinya membantu petani mengambil air ditepian sungai Desa Tamanrejo.

Dijelaskan Serma Diding, “saat ini sejumlah irigasi di wilayah ini kebanyakan sudah tidak dialiri air dimana biasanya air dari sungai selalu dialirkan ke sejumlah sawah disini, aliran sungai yang mulai susut sehingga upaya kami dengan warga membuat bendungan kali untuk bisa kita ambil airnya dengan mesin sedot air. Jika tidak segera ditindaklanjuti maka, dikhawatirkan lahan persawahan bisa ikut mengering, dan mengakibatkan seluruh tanaman milik petani mengalami puso.” Imbuhnya.

Untuk menyelamatkan nasib petani dari musim kemarau tersebut, Serma Diding pun berinisiatif untuk membantu para petani menyedot air dari dalam tanah dan sungai-sungai yang ada, dengan menggunakan mesin penyedot air.

“Para petani pun akhirnya menyedot air dari sungai yang masih menyisakan sedikit air, karena takut tanaman padi milik mereka kekeringan. Kegiatan ini pun, disambut warga dengan suka cita sehingga didapat solusi untuk mengatasi kekuarangan air pada tanaman mereka.(pw)

Komentar