Dandim Blora Peringati Hari Pendidikan Nasional


Semboyan, Blora - Komandan Kodim 0721/Blora, Letkol Inf Ali Mahmudi, SE., beserta unsur forkopimda Kabupaten Blora menghadiri upacara peringatan hari pendidikan nasional ( Hardiknas) di halaman kantor pendidikan  dan  kebudayaan Kabupaten Blora, Kamis (02/05/19).

Bupati Blora, H. Joko Nugroho selaku Inspektur upacara membacakan pidato dari Mendikbud Muhadjir Effendy dengan memberikan pesan khusus agar Hardiknas diperingati dengan gembira sesuai ajaran Ki Hajar Dewantara.

Mendikbud dalam pidatonya mengatakan, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tema pada Hardiknas tersebut " Menguatkan Penduduk, Mrmajukan Kebudayaan " tema tersebut mencerminkan pesan Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas demi terwujudnya indonesia yang berkemajuan.

Sementara Bupati Blora saat selesai membacakan pidato dari Mendikbud mengatakan jika konsep pendidikan seperti yang diajarkan Ki Hajar Dewantara diterapkan maka akan menghasilkan bibit-bibit unggul.

"Dan kalau konsep pendidikan ala Ki Hajar Dewantara berhasil di terapkan, generasi kita akan menjadi nasionalis dan menjadi patriot, semoga anak-anak yang ada didepan saya semuanya sukses dan berhasil sesuai cita-citanya, ” Pungkas Joko Nugroho.

Selanjutnya acara peringatan hari pendidikan nasional di akhiri dengan pemberian thropy serta piagam penghargaan bagi guru dan murid yang berprestasi di wilayah Kabupaten Blora. (rgl)

Komentar