Peran Babinsa Dalam Upsus Untuk Meningkatkan Produksi Padi

Semboyan, Blora - Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani (pelaku utama) dan Kelompok Tani, kegiatan UPSUS Peningkatan Produksi Padi sedang dilaksanakan oleh Sertu Juriyanto Babinsa Koramil 12/Ngawen,  dengan melaksanakan UPSUS pendampingan pertanian dengan Kelompok Tani Handayani ketua bpk Agus Kec Ngawen Kab Blora, Jumat (24/5/19).

Babinsa Koramil 12/Ngawen Wilayah Gotputuk,  Sertu Juriyanto sedang melaksanakan Pendampingan Pertanian dengan Kelompok Tani Handayani ketua bpk Agus dengan memanen Padi seluas 1/4 Hektar.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi atau hasil Panen, salah satu di antaranya pendampingan dan pengawalan. Kegiatan UPSUS (Upaya Khusus) Peningkatan Produksi Padi dalam Pencapaian Swasembada Pangan.


Peran Babinsa dalam UPSUS (upaya Khusus) dalam meningkatkan Produksi Padi adalah sebagai Komunikator, Fasilitator, Advisor, Motivator, Edukator, Organisatordan Dinamisator melalui Pengawalan dan Pendampingan Pertanian dengan Petani atau Kelompok Tani.

Padi merupakan salah satu Komoditi utama selain Jagung dan Kedelai yang menjadi Pioritas Utama Pemerintah dikarenakan  Padi merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan sehingga dari sisi Ketahanan Pangan Nasional fungsinya menjadi amat Penting dan Strategis.

Anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 12/Ngawen selalu berupaya maksimal dalam melaksanakan Upsus pendampingan petani dalam menyukseskan Program Swasembada Pangan Nasional dan Upsus Pendampingan Petani ini merupakan wujud Kepedulian TNI melalui Babinsa terhadap wilayah Binaanya dengan harapan dapat terjalin hubungan yang kuat antara Petani dan Babinsa, (slk)

Komentar