Dandim 0721 Blora Ingatkan Kepada Jamaah Shalat Jumat Untuk Mensucikan Jiwa Dengan Shalat Yang Khusyu


Semboyan.Id, Blora - Salat jumat yang biasanya digelar di masjid Al Huda, Kelurahan Bangkle Kabupaten Blora nampak beda dari hari-hari jumat biasanya lantaran khatib yang berkhutbah itu adalah seorang TNI AD yakni Dandim 0721/Blora, Letkol Inf Ali Mahmudi, SE.

Dengan memakai baju seragam PDH, bak Ustad yang sudah Kondang, Dandim 0721 menjadi khotib dan ternyata ia pandai berkhutbah dan membuat banyak jamaah merasa terkagum dan salut.

Berkesempatan mengetahui dan mendengarkan Prajurit TNI AD yang sedang berkhutbah dan menjadi imam salat jumat, tanpa rasa canggung dan gagap, serta pandai pula melantunkan ayat Alquran dengan tajwid yang baik.

Suara anak-anak kecil yang biasanya bisa dibilang sering ngobrol sendiri dengan sesama rekannya di masjid maupun serambi masjid, nampak hening tidak terdengar lantaran fokus mendengarkan ceramah khatib Komandan Kodim 0721/Blora.

Komandan Ali Mahmudi biasa masyarakat menyebut namanya. Dikesempatan khutbah jumat itu, Ali Mahmudi mengajak kepada jamaah untuk mensucikan jiwa dengan shalat yang khusyu' serta menjelaskan pentingnya salat dan janganlah meninggalkan salat.

" Apa yang diperoleh setiap orang dari shalatnya sesuai kadar rasa takut, khudyu'danta'zhimnya, karena tempat penilaian Allah SWT adalah hati. Semoga Allah SWT mengaruniakan kelembutan dan kedermawanan-Nya kepada kita dan memberikan kekhusyu'kan dalam ibadah kita. Dan janganlah meninggalkan salat, sesungguhnya salat itu mencegah perbuatan keji dan munkar," Ungkap Dandim asal Pati itu saat menyampaikan khutbahnya, Jumat (14/6/2019).


Meninggalkan ibadah salat, lanjut Mahmudi, tidak diperkenankan dalam tuntunan agama namun banyak pula dijaman sekarang ibadah itu ditinggalkan karena beberapa alasan.

"Karena tidak tahu tata caranya, belum memahami hukum Islam secara benar, atau pun karena malas," Ucapnya di depan para jamaah.

Sedangan Kepala Kelurahan Bangkle, Andi Nurohman, S.IP di sela - sela waktunya menyampaikan apresiasi kepada Komandan Kodim 0721/Blora atas waktunya yang telah berkenan menjadi Khatib dan Imam Shalat Jumat di Masjid Jami' Al Huda.

" Semoga ini sebagai motivasi masyarakat sehingga antusiasme masyarakat dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT makin meningkat, " Harapnya.

Seusai salat Jumat, Firmansyah salah seorang jamaah mengaku terkejut dan decak kagumnya disampaikan kepada Penerangan Kodim Blora.

“Subhanallah, Tentara yang notabenenya hanya bisa perang tapi sekarang ini justru jadi ustadz," Ucapnya.

Firmansyah juga mengungkapkan semoga ada keturunannya yang bisa seperti Tentara yang pandai berkhutbah itu.

"Tentara yang seperti pak Mahmudi jarang ada di Blora," Katanya.

“Semoga anak cucu saya bisa jadi Tentara yang taat beragama, pandai ceramah juga, jadi rasanya lengkap dunia akhirat,” Harap Firmansyah memungkasi. (rgl)

Komentar