Anggota Koramil Ngawen Bekali Wasbang dan Bela Negara Kepada Siswa Baru SMK


Semboyan.Id, Blora - Mengawali tahun pelajaran 2019/2020 para peserta didik baru diwajibkan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Seperti di  SMK nurul Huda Desa Sarimulyo Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora, Sabtu (20/7/19). 

Adapun  tujuan dari MPLS itu sendiri, salah satunya agar siswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Guna mencapai tujuan tersebut, sebagai Satuan Komando Kewilayahan, Koramil 12/Ngawen Kodim 0721/Blora, melalui Babinsa setempat ditambah dua orang anggota, turut berpartisipasi dalam kegiatan MPLS SMK Nurul Huda di lapangan sepak bola Dukuh Pudak, Desa Sarimulyo, yang diwujudkan dalam bentuk melatih Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Sejumlah 160 siswa/siswi SMK nurul Huda mendapat pelatihan PBB dari Bati Wanwil Serma Edy Siswanto dibantu dua orang Babinsa, Serda Supriyanto dan Serda Suwoto. 

Ketiga anggota Koramil 12/Ngawen secara bergantian memberikan materi latihan dasar PBB kepada para siswa, meliputi gerakan di tempat, gerakan berjalan dan penghormatan. 

Selama latihan, kedua anggota Koramil 12/Ngawen  tersebut tidak bosan memberikan koreksi sekaligus membenahi para siswa/siswi yang gerakannya kurang tepat/salah.

Selain materi PBB, Babinsa juga memberikan pemahaman wawasan kebangsaan bagi peserta didik baru.  Materi Pancasila menjadi pokok bahasan dalam kegiatan tersebut, dengan titik berat pada pengamalannya.  Seperti sikap toleran dan saling menghormati antar pemeluk agama dan keyakinan yang sangat beragam dan lain-lain. 

Di akhir kegiatan, serma Edy Siswanto juga memberikan materi bela negara bagi para peserta didik baru.  “bahwa bela negara merupakan hak sekaligus kewajiban bagi setiap warga negara. Melalui bela negara dapat mewujudkan kehidupan masyarakat yang tertib, aman dan damai serta untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI," ungkapnya.    

Sementara Kepala Sekolah  SMK Nurul Huda, saat membuka kegiatan, diantaranya menyampaikan, kegiatan MPLS ini dilaksanakan dengan tujuan agar para siswa peserta didik baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengenal potensi siswa, memotivasi siswa untuk belajar, dan membantu siswa untuk berinteraksi dengan siswa lainnya atau warga sekolah." Tegasnya

Tak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan Kepala Sekolah atas kesediaan waktu para Babinsa Koramil untuk hadir dan memberikan materi PBB, kedisiplinan dan wawasan kebangsaan bagi peserta didik baru di SMK nurul Huda," ucapnya.  (slk12)

Komentar