Antusias Masyarakat Botoreco Dalam TMMD Sengkuyung Kodim Blora



Semboyan.ID, Blora – Antusias warga masyarakat Dusun Pungkruk dan Dusun Balong Desa Botoreco Kecamatan Kunduran sangat tinggi. Masyarakat terlihat semangat dan kompak membantu anggota TNI Kodim 0721/Blora dalam membangun jembatan yang akan menghubungkan dua dusun tersebut.

Pembangunan jembatan yang saat ini sudah mencapai sekitar 40% merupakan salah satu program fisik yang diselenggarakan oleh Kodim 0721/Blora dengan tema TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2019 dan diharapkan akan selesai sebelum penutupan.

Menurut Pj Kepala Desa Botoreco, Sumadi, menjelaskan bahwa masyarakatnya memang dijadwalkan secara bergantian untuk membantu anggota TNI membangun jembatan pada Minggu (21/07/2019) kemarin.

“Masyarakat disini sangat senang dengan dibangunnya jembatan yang akan menghubungkan 2 dusun. Disini ada banyak RT, maka membagi jadwalnya tiap RT. Seperti yang diseberang tadi, itu dari masyarakat dusun Balong,” jelas Sumadi.

Sumadi menambahkan bahwa, sebenarnya pembangunan jembatan tersebut sudah pernah diusulkan melalui musyawarah desa (musdes) sampai 3 kali. Dikarenakan dana desa dirasa kurang cukup, maka niat pembangunan jembatan pun diurungkan.

“Dulu sudah diusulkan ketika musdes, bahkan sampai 3 kali musdes. Karena dana desa kurang, maka belum bisa kami laksanakan pembangunannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Hartanto Wibowo, Camat Kunduran mengapresiasi semangat masyarakat desa Botoreco.

“Jembatan ini akan menghubungkan antara dusun Balong dengan dusun Pungkruk, agar akses ke pusat pemerintahan desa lebih gampang, tidak memutar terlalu jauh. Selain itu, jembatan ini digunakan sebagai sarana transportasi pertanian masyarakat Pungkruk. Kami harap semangatnya tidak kendor,” ucap Hartanto.

Danramil Kunduran Kapten Czi Sundiro menjelaskan selain sebagai sarana transportasi pertanian, juga akan mempermudah anak-anak jika berangkat ke sekolah.

“Rata-rata masyarakat disini sawah atau ladangnya ada diseberang sungai. Dengan adanya jembatan ini, agar manfaatnya untuk mempermudah mobilisasi masyarakat jika panen ataupun membawa pupuk. Termasuk anak-anak sekolah juga agar lebih cepat ke sekolah,” tegasnya.

Sebelumnya, upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2019 resmi dibuka oleh Bupati Blora, H. Djoko Nugroho yang digelar di Desa Botoreco Kec. Kunduran pada Kamis (11/07) lalu. Dipilihnya lokasi ini, karena Dandim 0721/Blora Letkol Inf. Ali Mahmudi melihat akses warga yang sulit dalam melakukan aktifitas dan diharapkan bisa dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat setempat, sehingga mampu memperlancar perekonomian. (pw)

Komentar