Babinsa Ajak Warga Binaan Untuk Nguri-uri Budaya Lokal



Semboyan.Id, Blora - Serma Edy Siswanto Babinsa Koramil 12/Ngawen berbaur dengan warga masyarakat dan penari dalam gelaran acara sedekah bumi yang dilaksanakan di salah satu sendang tertua di Desa Karangjong, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Kamis (18/7/2019) kemarin. 

Sedekah bumi merupakan acara tasyakuran yang dilaksanakan setiap setahun sekali sebagai wujud rasa syukur  karena para warga mendapatkan hasil yang melimpah sehingga mereka mengadakan syukuran atau sedekah bumi, hal ini merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT serta untuk melestarikan budaya lokal nenek moyang. Acara sedekah bumi dimulai dengan makan bersama dengan hidangan hasil panen dari para petani dilanjutkan dengan hiburan seni budaya tradisional tayub.

"Sedekah bumi ini wujud syukur dan rasa gembira warga Desa Karangjong, dalam kegiatan ini mengandung nilai keagamaan dan nilai budaya serta wujud rasa persatuan warga Desa Karangjong," ungkap kepala desa karangjong Suwigyo. 

"Untuk generasi penerus harus dapat melestarikan budaya ini karena ini warisan leluhur, jangan sampai terkikis oleh kemajuan teknologi," imbuh suwigyo. 

Babinsa dan bhabinkamtibmas begitu mahir dan lihai menari bersama warga dan para penari ledek yang memeriahkan acara sedekah bumi tersebut. Acara ini dihadiri oleh Kades Karangjong beserta perangkat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan seluruh warga Desa Karangjong. 

"Kita sangat senang melihat warga binaan begitu kompak dan bersatu melaksanakan acara ini, mereka bergotong royong berbaur menari dan menikmati hidangan dari hasil bumi, semoga tahun depan acara sedekah bumi lebih meriah lagi dan hasil dari bumi Desa Karangjong lebih melimpah lagi," ungkap Serma Edy Siswanto. (slk12)

Komentar