Babinsa Dampingi Petani Untuk Sukseskan Program Upaya Khusus Pajale



Semboyan.ID, Blora - Sebagai Prajurit TNI yang bertugas sebagai aparat kewilayahan, salah satu tugas yang diemban oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) adalah pendampingan terhadap petani dalam program Upsus Pajale bersama PPL pertanian, upaya khusus (Upsus) pendampingan petani tersebut dalam rangka program pemerintah untuk swasembada pangan. 

Seperti yang dilakukan Sertu Sarmin salah satu Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03 Banjarejo Kodim 0721 Blora,  di wilayah binaannya desa Mojowetan Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora.

Dalam kesempatan pendampingan tersebut babinsa membantu petani melakukan pencabutan rumput yang tumbuh disekitar tanaman jagung dan melakukan penyiraman dengan air yang sudah dicampur dengan obat dengan harapan tanaman jagung dapat tumbuh dengan baik. Kamis (01/08)

Rumput yang tumbuh diantara tanaman utama bisa menjadi pengganggu, karena nantinya  akan menjadi pesaing dalam berebut kebutuhan unsur hara, air,  dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan oleh tanaman utama sehingga tanaman tidak dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal dan hasilnyapun menjadi tidak optimal.

“ Perawatan tanaman ini sangat penting dan hal ini ini akan secara rutin kami laksanakan secara bersama-sama antara Babinsa dan PPL pertanian dengan masyarakat petani setempat,” ujarnya.

Sementara PPL Pertanian menambahkan, Dengan rutin memonitoring tanaman milik petani di desa binaan secara bersama sama, kami berharap ini menjadi motivasi bagi petani untuk lebih giat dalam memantau perkembangan tanaman yang ada dilahan garapan masing masing,  selain itu kami juga akan menyampaiakan kepada petani tentang bagaimana cara bercocok tanam dengan baik sesuai dengan ilmu pertanian, Imbuhnya.

Bapak Taslim salah satu petani setempat Dukuh Pulo Desa Mojowetan Kecamatan Banjarejo sangat berterima kasih kepada Babinsa dan PPL yang telah bersedia mendampingi para petani. Sehingga petani di sini mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara menanam dan merawat tanaman jagung dengan benar.

Dirinya berharap dengan kehadiran Babinsa dan PPL di tengah-tengah petani maka akan menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan, sehingga akhirnya dapat mendukung suksesnya program swasembada pangan sesuai harapan pemerintah.tuturnya optimis. (rzq03)

Komentar