Babinsa Koramil 12/Ngawen Bersama Warga Gotong Royong Membuat Lumbung Desa

Semboyan.Id, Blora – Bersama warga sekitar bergotong - royong membuat lumbung Desa, itulah yang dilakukan Babinsa Koramil 12/Ngawen Kodim 0721/Blora, Serka Sujito di Desa Sambongrejo Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora, Minggu (28/07/19)

Pembuatan lumbung padi di Desa Sambongrejo baru dimulai pengerjaannya baru mencapai tahap penggalian untuk pasang pondasi dengan panjang 10 meter dan lebar 6 meter, sehingga cukup luas untuk menampung hasil panen padi milik warga Desa Sambongrejo nantinya. 

Kades Sambongrejo mengatakan Lumbung  Desa juga biasa dimanfaatkan sebagai penyimpan benih. Petani zaman dulu biasa menyisihkan beberapa hasil panennya untuk dipilih mana yang paling berkualitas untuk dijadikan benih.

Benih ini tetap dibiarkan dengan kondisi utuh bertangkai dan diikat kemudian disimpan di dalam lumbung Desa. tuturnya

Lebih jauh lumbung desa bisa dimaknai sebagai institusi ekonomi di tingkat pedesaan. Sebagai institusi ekonomi lumbung desa juga bisa menangani kredit atau permodalan petani, distribusi, dan fungsi logistik lainnya. tambahnya

Babinsa Desa Sambongrejo Serka Sujito menambahkan lebih penting dari itu dengan adanya lumbung desa akan semakin memupuk rasa kekeluargaan dan kegotongroyongan masyarakat desa yang menjadi ciri khas bangsa ini. Ungkapnya

Peran Bulog sebagai lumbung pangan nasional diharapkan tidak tumpang tindih. Bulog diharapkan mendukung keberadaan lumbung desa dengan menjalin hubungan kemitraan terkait masalah teknis dan komoditas pangan. ulas Serka Sujito. (pw)

Komentar