Rumah Mbah Rumini Akhirnya Dibangun


Semboyan.Id, Blora - Penderitaan Mbah Rumini (75), warga Dk. Plotot Rt.02/01 Kelurahan Tambahrejo Kecamatan Blora yang selama puluhan tahun hidup di gubug reot tak layak huni bakal segera berakhir. Ini setelah gubug yang tinggal menunggu ambruk itu dibongkar total dan dibangun ulang TNI dan BAZNAS bersama warga, minggu (28/07/2019).

Proses pembangunan rumah Mbah Rumini dilakukan oleh Koramil 01/Blora bersama BAZNAS kabupaten Blora yang dibantu warga setempat memang menjadi inisiator bedah rumah nenek yang tinggal di RT 02 RW 01 Dk Plotot Kelurahan Kecamatan Blora ini.

Nampak di lokasi Kepala Kelurahan Tambahrejo Sri Sarifah, SE., serta warga dan sejumlah anggota Koramil 01/Blora.

Dalam hitungan jam, pembongkaran selesai. Selanjutnya mulai dilakukan pembangunan dengan memasang tiang rumah yang terbuat dari kayu. Hingga sore, atap bangunan juga sudah terpasang.

Babinsa Sertu Brotoseno menuturkan, rumah Mbah Rumini akan direhab menjadi rumah semi permanen dengan dua kamar tidur. Untuk ukuran bangunan mengacu bangunan lama yakni 7×5 meter. “Kita targetkan satu minggu sudah siap dihuni,” kata Babinsa di sela-sela kerja bakti.

“Alhamdulillah kami tidak sendirian. Banyak masyarakat yang datang ikut membantu, sungguh luar biasa,” ucap Suryo.

Kepala Kelurahan Tambahrejo Sri Sarifah menyambut gembira bedah rumah salah satu warganya. Dia menjelaskan jika rumah Mbah Rumini mendapat bantuan anggaran dana dari BAZNAS Kabupaten Blora.

Namun pada pihak keluarga Mbah Rumini Sangat menyambut bantuan itu dengan rasa syukur. “Jadi bukannya kita membiarkan tapi memang kondisinya seperti itu,” imbuhnya.

Sebelumnya, kondisi rumah Mbah Rumini yang nyaris ambruk, berdasarkan saran dan laporan dari warga sekitar Mbah Rumini. Melihat kondisi rumah itu, Kepala Kelurahan merasa terenyuh dan tergerak untuk memperbaiki. (ret)

Komentar