Babinsa Koramil 12/Ngawen PAM Kirab Karnaval Budaya Sedekah Bumi di Wilayah Binaan


Semboyan.IDBLORA - Kirab Karnaval Budaya Sedekah Bumi yang di laksanakan oleh warga Desa Bandunrojo dengan titik start di SMP 4 Ngawen dan finish di MI Nurul Huda Dukuh Karang Rowo Desa Bandungrojo Berlangsung sangat meriah, Jum’at (16/08/19) kemarin.
  
Acara Kirap karnaval dalam rangka sedekah bumi di ikuti oleh semua komponen masyarakat Desa Bandungrojo mulai dari Benner pembawa bendera, Drum band (Kemiri), Benner Pemerintah Desa Bandungrojo, Barisan PKK, BPD, RT/RW, Barongan, TK&PAUD Desa Bandungrojo, Drum Band MI Nurul Huda Dukuh Karangrowo, Barisan SMP 4 Ngawen, Kadroh Bandungrojo dan Barisan pemuda Karang Taruna Desa Bandungrojo/Umum.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Bandungrojo beserta perangkat, Babinsa Desa Bandungrojo Koptu Solikin, Babinkamtibmas Briptu Erzal dan anggota Linmas Desa Bandungrojo yang bertugas melaksanakan pengamanan acara Kirab Karnaval Budaya Sedekah Bumi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Bandungrojo Ibu Parsih menyampaikan “ Tradisi sedekah bumi adalah suatu kebiasaan yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat. Hal yang paling mendasar dari tradisi, yaitu adanya informasi yang di teruskan dari generasi ke generasi, baik tertulis maupun lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi akan punah”ucapnya.

“Sedekah bumi merupakan tradisi leluhur yang dilakukan masyarakat pedesaan secara terus menerus sampai saat ini, masyarakat senantiasa selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan kehidupan berupa kesehatan maupun tanaman yang bermanfaat untuk kehidupan manusia di dunia ini” pungkasnya. (slk)



Komentar