Upsus, Babinsa Dampingi Petani Perawatan Tanaman Jagung di Desa Gedebeg


Semboyan.ID, BLORA - Babinsa Desa Gedebeg Serda Sahit, Koramil 12/Ngawen jajaran Kodim 0721/Blora, membantu kegiatan penyemprotan hama pada tanaman Jagung di lahan milik Bapak  Sudarmono anggota Kelompok Tani ‘Sejahtera 1’ yang terletak di Desa Gedebeg, Kec. Ngawen, Kab. Blora, Senin (19/08/2019)

Tanaman jagung seakan tidak bisa lepas dari hama dan beberapa penyakit yang biasanya disebabkan oleh virus, bakteri atau hama belalang juga sering mengganggu tanaman jagung, serangan penyakit pada tanaman jagung bisa menyebabkan kerugian bahkan gagal panen.

Pengendalian penyakit tanaman jagung seharusnya juga dilakukan dengan cara teknis agar mengurangi biaya penggunaan pestisida kimia sekaligus mengurangi residu bahan kimia pada tanaman dan pengendalian itu diluar pengendalian fungisida kimia dan pestisida lainnya.

Serda Sahit Babinsa setempat mengatakan “Pendampingan ini sering saya lakukan, walau hanya secara orang perorang namun dampaknya akan lebih baik bagi petani karena bisa lebih leluasa untuk saling tukar informasi tentang pertanian khususnya tanaman jagung karena daerah Ngawen memang banyak petani Padi dari pada petani jagung” ungkapnya.  

Maka wilayah Ngawen perlu adanya pendampingan upaya khusus (Upsus) dibidang pertanian khususnya tanaman Jagung. (slk)

Komentar