Babinsa Koramil 04/Tunjungan Dampingi Petani Monitoring Tanaman Jagung Sebelum Masa Panen


Semboyan.ID, BLORA - Babinsa Desa Tunjungan Serda Suroto anggota Koramil 0721/04 Tunjungan Kodim Blora melaksanakan pendampingan kepada Poktan Maju Makmur dengan monitoring tumbuh kembang tanaman jagung dalam rangka persiapan panen di lahan milik Ali Susanto di Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Minggu, (01/9/2019).

Kegiatan monitoring tersebut dilakukan dalam upaya mewujudkan swasembada jagung. Para petani tidak ingin kecolongan akan hama walang sangit yang merusak tanaman khususnya menjelang masa panen dengan monitoring yang rutin. Hal ini dilakukan semenjak fase pengisian bulir dan pemasakan bulir karena walang sangit biasa menyerang dengan cara menghisap cairan tangkai bunga.

Menurut Serda Suroto, pendampingan tersebut merupakan upaya khusus dalam mendukung tercapainya swasembada pangan khususnya tanaman jagung. Dengan monitoring yang rutin dapat menjaga kesehatan dan kuantitas produksi panen para petani dari serangan walang sangit. Ia menegaskan bahwa para petani berkomitmen untuk mengusir hama walang sangit sekecil apapun di sekeliling rumpun tanaman jagung di ladang.

“Para petani sepakat sekecil apapun bentuknya, walang sangit harus diusir karena berbahaya bagi produksi jagung pada masa panen,” ungkap Serda Suroto.

Dengan adanya pendampingan kepada para petani, Babinsa berharap hasil panen jagung di wilayah Kecamatan Tunjungan khususnya Desa Tunjungan dapat memuaskan saat masa panen nanti sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. (pw)

Komentar