Kodim 0721/Blora Terima Piagam, Apresiasi Dalam Pengamanan Pilkada 2019


Semboyan.IDBLORA - Rapat Koordinasi Pengawasan dengan Stakeholder Pemilu digelar Bawaslu Kabupaten Blora dalam rangka evaluasi pemilu Tahun 2019 di Blora disalah satu rumah makan Embungrowo Karangjati, Blora, Selasa (17/9/2019) kemarin.

Ketua Bawaslu Blora, Lulus Mariyonan, mengatakan pemilu di Blora sudah bisa dikatakan sukses. Indikatornya, penyelenggara pemilu bisa membumikan pelaksanaan pemilu dengan tingginya partisipasi masyarakat yang mencapai 80% lebih.

"Pemilih bisa menggunakan hak pilihnya. Angka golput yang rendah, aparat keamanan yang selalu hadir menjaga kondusifitas," lanjutnya.
                     
Kemudian, lanjut Lulus, dengan adanya tsunami informasi bahkan informasi hoaks, masyarakat tidak terlarut didalamnya.



"Indikasi lainnya, di Blora tidak ada gugatan PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum-red) yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi," ujar Lulus.

Sehingga, pasca pemilu di Blora masih tetap kondusif.

Pada kesempatan itu Bawaslu juga memberikan apresiasi kepada stakeholder, yakni Pemkab, Polres, Kejari, dan Kodim Blora. Ini terkait kerjasama dan koordinasi yang terjalin dengan baik selama pelaksanaan Pemilu.

"Ini tidak hanya dengan jajaran Forkopimda saja, tapi juga stakeholder lainnya juga. Baik Ormas, OKP, Media, LSM, ASN dan lainnya dengan peran masing-masing selama pemilu," tutur Ketua Bawaslu Blora saat menyampaikan apresiasinya.

Menjelang Pilkada 2020 di Blora, Bawaslu pun sudah berkoordinasi dengan pemkab terkait anggaran penyelenggaraan pengawasan pemilu.

"Saat ini anggaran sudah kita ajukan TAPD. Untuk Bawaslu sebesar 8,25 Milyar selama penyelenggaraan pilkada. Kami juga mengajukan untuk KPU dan aparat keamanan dari Kepolisian, Kodim 0721/Blora, Subdenpom, serta Yonif 410/Alugoro," jelas Kasubag Tata Usaha Kesbangpol Blora, M Iskak dalam sambutannya mewakili Pemkab Blora. (pw)


Komentar