Babinsa Dampingi Petani Memanen Jagung Dengan Mesin

Semboyan.IDBLORA - Babinsa Koramil 10/Kradenan Kodim 0721/Blora Sertu Prayitno mendampingi petani panen jagung di Dusun Singopadu Desa Ngeblak Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora, Selasa (15/10).
Panen jagung di lahan seluas 0,5 hektar milik Nur Cahyo (53), anggota kelompok tani (Poktan) Tani Makmur III, Desa Ngeblak, yang ditanami jenis jagung Pasifik, dilakukan pemilik lahan beserta buruh tani dari desa setempat.
Babinsa Ngeblak Sertu Prayitno yang terjun langsung di lokasi mengatakan, hasil panen di lahan seluas 0,5 hektar tersebut diperkirakan mampu menghasilkan 1,3 ton.  
“Namun itu posisi basah, bila sudah kering tentunya akan berkurang, dan paling tidak hasil akhirnya 1,1 ton di luasan 0,5 hektar,” terangnya.
Masih kata Babinsa, kalau pengelolaan dan perawatannya bagus yang didukung dengan irigasi pertanian yang cukup memadai maka tanaman jagung mampu menghasilkan hasil yang memuaskan, terlebih saat musim kemarau hasilnya tambah bagus.
Sementara, Nur Cahyo (53), pemilik lahan, sangat bersyukur dengan hasil panen jagung yang lumayan bagus di lahan miliknya. “Memang kalau ketigo (musim kemarau,- red) rata-rata hasilnya bagus, makanya kalau ketigo, petani jagung banyak yang beruntung,” ungkapnya.   
Nur Cahyo juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa yang telah mendampinginya saat panen jagung berlangsung. Bahkan saat pengolahan lahan dan perawatan juga selalu didampingi Babinsa. (pw)

Komentar