Ribuan Santri Upacara Hari Santri Nasional di Alun-alun Blora


Semboyan.IDBLORA – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo dengan Keppres Nomor 22 tahun 2015, diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Di Kabupaten Blora rangkaian peringatan HSN ke-5 diadakan apel dan kirab yang dibuka resmi oleh Bupati Blora Djoko Nugroho di Alun Alun Blora, Selasa (22/10).
Dengan tema "Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia" dalam sambutannya Bupati Blora mengungkapkan “Intinya kegiatan ini sebagai wahana silaturahmi antar santri seKabupaten Blora. Agar seluruh santri di Kabupaten Blora selalu bersatu dalam kebersamaan. Sehingga ketika para santri sudah bersatu, tentunya yang menjadi tantangan bangsa ini akan lebih mudah dihadapi secara bersama-sama,” ujar Bupati Joko Nugroho saat membuka apel dan kirab hari santri di Alun Alun Blora.
Bupati Blora melanjutkan organisasi keagamaan lainnya, juga menjadi ajang unjuk kemampuan dan kreativitas para santri. Harapannya, seluruh masyarakat Blora mengetahui apa yang menjadi potensi dan prestasi para santri di Blora.
Bupati Djoko Nugroho berharap melalui kegiatan HSN mampu melahirkan santriwan santriwati yang unggul, memiliki kemandirian, dan cinta tanah air. Dengan keunggulan yang dimiliki para santri, Djoko Nugroho memastikan para ulama dan santri di Kabupaten Blora mampu lebih berkontribusi terhadap pembangunan Kabupaten Blora.
Dandim 0721/Blora Letnan Kolonel Inf Ali Mahmudi SE., saat mendampingi Bupati menuturkan, rangkaian kegiatan peringatan HSN di Kabupaten Blora menunjukan eksistensi dan jatidirinya sebagai bagian dari elemen bangsa yang telah berkontribusi dalam membangun bangsa yang lebih bermartabat.
“Konsep membangun bangsa yang diusung para santri meniru konsep kehidupan bangsa yang dibangun oleh Nabi Muhammad  shallallahu‘alaihi wa sallam di Madinah. Dimana disitu tercipta kebersamaan, kekeluargaan, persatuan dalam toleransi. Itu sudah ditunjukan para santri dengan tidak pernah membuat kegiatan yang merugikan negara,” jelasnya. (Tim)

Komentar