Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa Bantu Petani Panen Jagung



Semboyan.IDBLORA - Bintara Pembina Desa (BABINSA) Desa Wonosemi Koramil 03/Banjarejo Kodim Kodim 0721/Blora Koptu Sukandar mendampingi Bapak Karman Anggta Pok Tani Sido Makmur panen jagung di Desa Wonosemi Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, Kamis (24/10).

Pendampingan Petani dilakukan oleh seluruh Babinsa Koramil 03/Banjarejo di wilayah binaan masing-masing. Pendampingan yang dilakukan Babinsa meliputi pendistribusian bibit dan pupuk, proses pengolahan lahan, penyemaian bibit, perawatan hingga waktu panen. Tentunya ini sangat menguras waktu tenaga dan pikiran karena disamping tugas tersebut tugas-tugas pokokpun tidak serta merta diabaikan.

Tugas pendampingan merupakan tindak lanjut kerja sama antara TNI AD dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia dalam rangka mendukung dan mensukseskan program Pemerintah di bidang swasembada pangan. Aparat Komando Kewilayahan (APKOWIL) di samping tugas pokoknya dituntut untuk ikut bertanggung jawab  mensukseskan program  tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan Babinsa adalah memotifasi petani dengan sesering mungkin terjun ke lapangan, menjamin distribusi bibit dan pupuk sampai ketangan petani tanpa ada kebocoran sehingga petani kecil di pelosok wilayah ini bisa merasakan perhatian pemerintah.

Pada kesempatan tersebut pemilik lahan jagung yang sedang di panen Bapak Karman  terlihat sangat antusias melihat babinsa ikut memanen jagung, ” Ini baru TNI yang merakyat karena mau bergabung dengan petani kecil seperti Kami”ujar Karman sambil tersenyum. (pw)

Komentar