Babinsa Ngrawoh dan Petani Bajak Sawah Tradisional dengan Sapi

BloraSemboyan.ID - Babinsa Koramil 10/Kradenan jajaran Kodim 0721/Blora Serda Suhari  membantu Jasman Poktan Bakal Dadi I, bajak sawah untuk penyiapan lahan tanaman Padi dengan luas 0,8 ha, di Desa Ngrawoh Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora. Selasa (19/11)
Seperti diketahui bahwa, sejak jaman dahulu Indonesia dikenal sebagai negara agraris, yang masyarakatnya mayoritas berprofesi sebagai petani. Baik sebagai petani sawah maupun sebagai petani ladang. Untuk petani sawah, para petani memanfaatkan tenaga sapi atau kerbau untuk membajak sawah.
Walaupun kemajuan teknologi modern seperti traktor atau jenis motor pembajak sawah lainnya sudah ada namun masih terbatas, Babinsa dan petani di Desa Ngrawoh ini antusias dan semangat menggunakan sapi atau kerbau untuk membajak sawahnya. Di persawahan tersebut, Babinsa dan petani tampak semangat dengan kegiatan mereka.
Sementara menurut Danramil 10/Kradenan Kapten Inf Agus Supriyanto, S.I.P., mengatakan “Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam menjalankan program pemerintah tentang swasembada pangan, mempunyai nilai jual tersendiri. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai pembelajaran bagi anggota TNI, dalam melakukan pendampingan terhadap kelompok tani ( Poktan ). Serta bisa mempererat tali silaturahmi antara TNI dan masyarakat, sehingga jika terjadi sesuatu di desa warga bisa langsung berkordinasi dengan Babinsa,” tuturnya.
Sedangkan Jasman petani setempat merasa sangat senang dengan kegiatan yang terlaksana, di bawah binaan Babinsa. Kegiatan ini di samping mensukseskan program pemerintah dalam hal ketahanan pangan, juga menambah pengetahuan perorangan. (Tim)

Komentar