Babinsa Sumberpitu Koramil Cepu Dampingi Petani Bajak Sawah

BloraSemboyan.ID - Babinsa Koramil 0721/05 Cepu Kodim 0721/Blora Sertu Yoni melaksanakan pendampingan pengolahan lahan sawah milik Suyatno, di Desa Sumberpitu, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Rabu (20/11/2019).
Pantauan di lapangan, pengolahan lahan di areal pertanian seluas 0,5 ha ini menggunakan alat bajak modern berupa satu unit hand tracktor (traktor tangan).  Pembajakan sawah ini dilakukan untuk persiapan masa tanam. 
Babinsa Sumberpitu Koramil 0721/05 Cepu, Sertu Yoni, mengatakan, pengolahan lahan dengan menggunakan mesin bajak modern ini merupakan fase pembalikan tanah dengan tujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah.
“Dengan pembajakan maka kondisi permukaan yang semula keras dan sudah jenuh akan menjadi gembur dan melumpur.  Selain itu, tanah juga akan lebih subur karena adanya unsur hara dari lapisan tanah bagian bawah sehingga saat ditanami nanti maka akar padi dapat tumbuh dan berkembang leluasa,” terang Babinsa.
Terpisah, Danramil 0721/05 Cepu, Kapten Inf Surana, menuturkan, pendampingan yang dilakukan Babinsa dalam pengolahan lahan dan tanam padi bertujuan memotivasi petani untuk mempercepat proses tanam sehingga siklus pangan tidak terhenti atau tertunda dalam waktu lama.
“Aktivitas pendampingan ini merupakan upaya khusus ketahanan pangan yang dilakukan TNI AD di wilayah guna penguatan kapasitas produksi pangan sekaligus membantu petani mewujudkan swasembada pangan,” pungkas Danramil. (Tim)

Komentar