Babinsa Turun ke Sawah Dampingi Petani Mengolah Lahan


BloraSemboyan.ID -  Babinsa Kapuan Koramil 0721/05 Cepu, Kodim 0721/Blora Pelda Siswanto melaksanakan pendampingan kepada petani dalam mengolah lahan sawah yang sudah lama tidak ditanami padi dalam rangka persiapan lahan tanam padi.
Aksi bajak sawah dengan peralatan cangkul itu dilakukan di lahan sawah milik Pariman Poktan Puji Lestari, yang terletak di Rt 01 Rw 01 Desa Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Kamis (14/11/2019).
Disela-sela kegiatan Pelda Siswanto mengatakan, pengolahan lahan dengan menggunakan traktor adalah cara baru pengolahan lahan yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami.
“Akan tetapi untuk menjangkau daerah pinggir lahan atau sekitar pojok lahan sawah, mesin bajak traktor tidak bisa menjangkau sehingga harus dicangkul,” terangnya.
Lebih lanjut Pelda Siswanto mengatakan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati, yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.
“Pengolahan tanah yang dilakukan dengan baik dan sitematis akan dapat menghasilkan tanaman padi yang unggul dan hasil yang maksimal serta terpenuhinya kebutuhan pangan,” pungkasnya. (Tim)

Komentar