Berjibaku Dengan Lumpur,Babinsa Koramil Ngawen Dampingi Petani Bajak Sawah


Blora, Semboyan.ID - Babinsa Desa Gotputuk Koramil 12/Ngawen Kodim 0721/Blora Sertu Juriyanto melaksanakan pendampingan pengolahan sawah anggota Poktan Handayani, Desa Gotputuk, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Kamis (21/11).

Pengolahan sawah seluas 0,4 hektar milik ibu Martini, menggunakan satu unit traktor tangan TR2 dilakukan untuk percepatan tanam jelang musim penghujan pada bulan ini  untuk menyiapkan masa tanam. Demikian disampaikan Babinsa Gotputuk, Sertu Juriyanto di sela-sela pendampingan.

Sertu Juriyanto menambahkan, “pembajakan sawah menggunakan traktor tangan TR2 ini untuk memperbaiki sifat fisik tanah. "Kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur, jadi saat masa tanam nanti tinggal meratakan dan penggemburan agar menjadi lumpur dan siap ditanami” tambahnya.

"Pendampingan ini dilakukan untuk memotivasi para petani agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan sawah dengan tujuan untuk mencapai ketahanan pangan di wilayah," pungkas Sertu Juriyanto.

Sementara pemilik lahan ibu Martini anggota Poktan Handayani Desa Gotputuk sangat terbantu dengan hadirnya Babinsa di lapangan. Selain terjun langsung ke sawah, lanjutnya, Babinsa juga sering menghimbau para petani di desanya untuk mempercepat tanam apabila benih padi sudah siap ditanam, menyiapkan benih padi yang akan ditanam dan mengolah lahan sawah secara tepat dan benar sesuai dengan petunjuk PPL. (Tim)

Komentar