Dukung Upsus, Babinsa Koramil Ngawen Dampingi Petani Merawat Tanaman Padi


BLORA, Semboyan.ID  – Babinsa Koramil 12/Ngawen Kodim 0721/Blora Serda  Suwoto bersama Ibu Dami kelompok tani “Rukun Tani 2“ melaksanakan Upaya khusus ( Upsus ) dengan kegiatan pendampingan perawatan tanaman padi gogo dengan luas lahan 0,5 Ha di Desa Sarimulyo Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora, Sabtu (23/11/2019).



Tanaman Padi Gogo merupakan cara tanam yang paling efektif dilakukan di daerah yang memiliki sebagian besar lahan persawahan, hal inilah yang dilakukan para petani di Desa Sarimulyo Kecamatan Ngawen, sehingga bisa mempercepat Luas Tambah Tanam (LTT) guna mendukung swasembada pangan.

Kegiatan tersebut merupakan suatu kepedulian TNI AD khususnya Koramil 12/Ngawen dalam membantu pemerintah daerah menyukseskan swasembada pangan di Kabupaten Blora, sekaligus melaksanakan tugas pendampingan kepada petani dalam rangka Upaya Khusus mendukung swasembada pangan secara nasional.

Menurut Babinsa, Serda  Suwoto, jenis padi yang sedang dilakukan perawatan ini adalah padi gogo, sesuai kontur tanah dan lahan perkebunan yang ada di wilayah ini, agar hasil panennya melimpah.

“Selain melakukan pendampingan perawatan padi, saya juga terus memberikan dorongan dan motivasi kepada petani dalam mengolah lahannyan sehingga program swasembada pangan di Kab. Blora dapat terwujud,” ujar Babinsa.

Lanjut Babinsa, kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa dalam pendampingan pertanian ini adalah wujud dari terlaksananya kegiatan ketahanan pangan nasional yang telah diprogramkan oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan pendampingan secara terpadu kepada para petani di desa binaan masing-masing.

Di tempat terpisah, Komandan Koramil (Danramil) 12/Ngawen, Kapten Cpl Sumanto dalam setiap pengarahannya menyampaikan bahwa sebagai komando kewilayahan, akan selalu mendorong dan mendukung program pemerintah yang mencanangkan program swasembada pangan nasional, dengan menerjunkan aparat teritorialnya, khususnya para Babinsa untuk selalu bersama masyarakat petani dalam rangka meningkatkan hasil panen.

“Apabila hasil panen meningkat, maka kesejahteraanpun semakin meningkat. Dengan meningkatnya kesejahteraan, maka ketahanan nasional akan semakin kuat, dengan didukungnya ketahanan pangan yang kuat pula,” kata Danramil, Kapten Cpl Sumanto.

Menurutnya, kedepan diharapkan ketahanan pangan di Indonesia sudah terwujud, sehinggadi masa yang akan datang Indonesia menjadi negara swasembada pangan yang mumpuni serta tidak perlu lagi mengimpor beras dari negara lain.

“Dengan ketahanan pangan yang kuat maka ketahanan nasional secara otomatis akan semakin kuat dan situasi keamanan juga akan semakin kondusif, karena rakyatnya sejahtera,” ucap Sumanto.

Sebab itu, Lanjut Danramil, Babinsa akan terus mengawal sampai tiba musim panen, sehingga program pemerintah terkait swasembada pangan akan tercapai, meski sampai saat ini target tersebut belum seratus persen selesai. (Tim)

Komentar