Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa 09/Randublatung Dampingi Petani Jagung Siangi Gulma

BLORA, Semboyan.ID - Kegiatan pendampingan ketahanan pangan hingga kini masih dilakukan Koramil 09/Randublatung  Kodim 0721/Bloral Serka Setiyono membantu perawatan jagung Bapak Tarom Poktan Sri Mulyo luas 0,5 Ha Dukuh Kaliwader  Desa Ngliron Kecamatan  Randublatung Kabupaten Blora, Minggu (24/11).
Menurut Serka Setiyono, kegiatan pendampingan yang dilakukan di lahan yang dikelola  Bapak Tarom, berupa pembersihan atau penyiangan gulma seperti suket tuton, suket teki dan rumput gelang (krokot). “Selain penyiangan gulma dan rumput liar tersebut, juga dilakukan penggemburan tanah dan pengecekan hama/penyakit,”imbuhnya.
Babinsa Serka Setiyono, melakukan pendampingan perawatan tanaman jagung di lahan milik Bapak Tarom. Di lokasi seluas 0,5 Ha  yang ditanami jagung jenis Biji 18 berumur 9 hari tersebut, dilakukan penyiangan gulma/rumput liar dan penggemburan tanah di sekitar pangkal tanaman.
Pada kesempatan berbeda, Danramil 09/Randublatung Kapten inf Suahmad mengatakan kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) guna percepatan pencapaian swasembada pangan komoditas jagung khususnya di wilayah Randublatung.
Masih tutur Danramil, untuk mencapai hasil panen yang optimal dalam bercocok tanam jagung ini perlu diperhatikan beberapa faktor, diantaranya pemilihan benih unggul, penyiapan dan pengolahan lahan yang baik, metode tanam dan pemupukan yang tepat, irigasi dan drainase yang baik, pengendalian hama penyakit tanaman (HPT) dan gulma serta metode panen dan pasca panen yang tepat. (Tim)

Komentar