Jelang Nataru Dilaksanakan Rakor Ekuinda


BLORASemboyan.ID - Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, SE., yang diwakili oleh Kasdim 0721/Blora Mayor Inf Budi Leksono, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Ekuinda menjelang perayaan Natal dan tahun Baru 2020, Kamis (19/12/2020). Rakor dipimpin langsung oleh Bupati Djoko Nugroho di ruang pertemuan Setda Blora bersama perwakilan Forkopimda dan Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si.
Rakor diikuti oleh seluruh Kepala OPD, Dinas/Instansi lintas sektoral, para Camat, hingga BUMN, BUMD, dan kalangan perbankan serta unsur TNI, Polri.

Dalam rakor tersebut, Bupati menekankan agar seluruhnya tidak lengah ketika merayakan natal maupun Tahun Baru 2020. Ia ingin kondusifitas Blora yang selama ini berjalan baik bisa tetap dipertahankan.

“Saya berpesan, jangan hanyut dengan euforia rangkaian peringatan Hari Jadi Blora, Natal, dan Tahun Baru 2020,” kata Bupati.
Semuanya harus tetap waspada terhadap potensi gangguan keamanan, tidak hanya di tempat ibadah, namun juga tempat wisata karena kali ini bertepatan dengan liburan sekolah.
“Pastikan kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi, baik sembako, BBM, hingga ketersediaan keuangan perbankan,” ucap Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Djoko Nugroho juga meminta PLN untuk berkomitmen untuk tidak melakukan perbaikan jaringan atau pemadaman listrik bergilir selama perayaan Natal hingga Tahun Baru 2020.
“Jika ada gangguan kerusakan jaringan, cepat diatasi. Jangan sampai berlangsung hingga berjam-jam, itu sangat mengganggu masyarakat. Apalagi lalu lintas traffic light, jika listrik padam semunya jadi semrawut,” lanjut Bupati.
Kepala Dindagkop UKM, Sarmidi, menyampaikan bahwa hingga kini kondisi stok sembako dan harga sembako di Blora masih dalam batas aman, dan diprediksi tidak akan terjadi kelangkaan BBM dan gas elpiji. Pihaknya akan melakukan sidak secara berkala ke pasar dan toko ritel yang ada di Blora.

Selanjutnya, Kapolres Blora AKBP Antonius Anang SIK, MH, yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Zuwono, menyampaikan bahwa pihaknya siap mengerahkan seluruh personil yang dimiliki untuk melakukan pengamanan bersama dengan jajaran TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan. Serta melibatkan Banser, Kokam, Linmas, dan Senkom Mitra Polri.
“Untuk Natal dan Tahun Baru 2020 ini, Polres Blora akan melaksanakan Operasi Lilin Candi 2019 selama 10 hari mulai 23 Desember hingga 1 Januari 2020. Selama operasi berlangsung, kita akan mendirikan beberapa pos pengamanan dan pos pelayanan,” ucap Kompol Zuwono.

Pos Pelayanan didirikan di Alun-alun Blora. Sedangkan Pos PAM akan didirikan di Gereja Bethany, Gerea Katholik Santo Pius X, Gereja GKI Blora, dan Gereja Santo Willibrodus Cepu. Gereja lainnya juga akan diamankan oleh tim gabungan.
“Untuk Tahun Baru, kita juga siap melakukan pengamanan di semua titik hiburan. Blora akan ada 6 panggung hiburan, sedangkan Cepu aka nada 2 panggung hiburan,” tandasnya. (Tim)

Komentar