Mantapkan Kinerja Linmas, Babinsa Desa Jomblang Berikan Materi Penyegaran


BLORASemboyan.ID - Babinsa Desa Jomblang Koramil 02/Jepon Kodim 0721/Blora bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan kegiatan pelatihan dan penyegaran sekaligus kesiapan anggota linmas desa Jomblang. Tujuannya adalah sebagai pembinaan ketahanan wilayah dengan kesiapan linmas di tingkat desa dalam memberikan rasa aman di wilayahnya menjelang Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di depan balai desa Jomblang, yang dihadiri Anis Kasi Trantib kecamatan Jepon, Babinsa Desa Jomblang Serda Basuki, Bhabinkamtibmas Bripka Novin, kepala desa Jomblang H. Agus Mukmin, dan 16 anggota linmas.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain materi pengarahan dari Kades Jomblang, H. Agus Mukmin, lalu latihan dasar PBB, serta diberikan pengetahuan tentang kegiatan linmas.

Kepala desa Jomblang H. Agus Mukmin menyampaikan dengan adanya penyegaran dan pelatihan kepada linmas yang akan menghadapi tantangan ke depan sehingga sedikit banyak dapat membantu dan menjaga terwujudnya keamanan dan ketertiban di wilayah Jomblang pada khususnya serta kecamatan Jepon pada umumnya.

Linmas sebagai bagian masyarakat, harus dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam hal disiplin dan semangat bela negara, selain itu menurut Agus Mukmin, kegiatan ini juga bertujuan untuk pembinaan kebersamaan terhadap rekan sesama Linmas serta mereka dituntut untuk memiliki loyalitas yang tinggi atas tanggungjawab yang diembannya inilah gagasan yang akan menumbuhkan jiwa patriotisme serta cinta tanah air.

Serda Basuki menegaskan, bahwa sangat perlu melatih Linmas agar memiliki kesiapan operasional dan kedisiplinan guna menghadapi tugas yang diembannya di wilayahnya masing-masing.

Babinsa Menambahkan, selain tugasnya membantu masyarakat binaan, Babinsa juga melatih anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam rangka memberikan pembinaan keterampilan dan pembinaan fisik serta mental para anggota Linmas untuk mengasah kemampuan yang selama ini ia miliki.

Pembinaan Linmas merupakan salah satu kegiatan pembinaan perlawanan wilayah (Binwanwil) dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Linmas sebagai upaya mata dan telinga terhadap segala perkembangan yang terjadi di wilayah binaannya.

 “Kita selenggarakan pelatihan ini untuk mendidik dan melatih disiplin para anggota Linmas, mereka adalah mitra Babinsa, sehingga diharapkan ke depannya dapat diimplementasikan dalam kerja mereka di lingkungan masyarakat,”ungkap Basuki. (Tim)

Komentar