Peringati Hari Bela Negara Ke-71 Kodim Blora Gelar Upacara Bendera


BLORASemboyan.ID - Kodim 0721/Blora melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-71 Tahun 2019, Inspektur Upacara (Irup) Danramil 15/Japah Kapten Inf Muntoyono, Komandan Upacara (Danup) Danramil 10/Kradenan Kapten Inf Agus Supriyanto, SIP, upacara diikuti seluruh anggota Kodim 0721/Blora di Lapangan Upacara Makodim Blora Jl. Pemuda no. 44 Blora. Kamis (19/12)
Danramil 15/Japah Kapten Inf Muntoyono sebagai Irup, membacakan amanat Presiden R.I Joko Widodo, Salah satu berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air kita adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan nilai dasar bela negara. Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna.
Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur.
Tanpa sikap dan perilaku bela negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang dui cita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa. Maka jelaslah bahwa penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh undang-undang. Ke depannya, kita semua mengharapkan agar Aksi Nasional Bela Negara di segenap gatra kehidupan nasional dapat  semakin terinstruktur, sistematif, dan massif dengan prioritas dan inplementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat seluas-luasnya.
Saya ingin menegaskan, bagi yang berbakti dalam  birokrasi dalam birokrasi pemerintah, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan kita. Yang menggambarkan berita, teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur, berimbang dan bertanggung jawab. Yang menjalankan usaha, tingkatkan terus daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan negara. Demikian pula segenap masyarakat dengan beragam profesinya, jadikan bidang profesi masing-masing sebagai ladang bela negara, tegas Presiden RI. (Tim)

Komentar