Bangun Sinergitas, Gabungan TNI-Polri dan Perhutani Kompak Patroli Bersama Sambil Ngetrail


BLORA, Semboyan.ID - Puluhan personel gabungan TNI, Polri dan Perhutani patroli bersama menyisir hutan di kawasan kecamatan Japah Kabupaten Blora. Patroli dipimpin oleh Kapolsek Japah AKP Yuliyanto, SH.

Patroli diawali dengan apel bersama di kantor BKPH Nglawungan. Kapolsek Japah Polres Blora AKP Yuliyanto mengungkapkan bahwa patroli hutan ini bertujuan untuk antisipasi pencurian kayu hutan, serta menyambangi warga di sekitar hutan, guna menyampaikan pesan Kamtibmas.

Adapun rute patroli menyasar kawasan Pos Petak 58 RPH Gendongan, BKPH Ngapus, KPH Blora, serta menyisir kawasan Pos Petak 105 RPH Sumberejo, BKPH Nglawungan, KPH Blora.

Tidak hanya disitu aparat gabungan selanjutnya menyisir Pos Petak 100 RPH Sumberejo dan Pos Petak 133 RPH Wotbakah, BKPH Nglawungan, KPH Blora.

Kapolsek Japah membeberkan bahwa, patroli gabungan, sengaja menggunakan sepeda motor trail, agar patroli bisa maksimal, menyisir hingga kedalaman hutan. "Harapanya, tidak ada lagi warga yang nekat melakukan pencurian kayu hutan," tandas Kapolsek.

Sementara itu, Asper Nglawungan  Joko Sasmito mengatakan bahwa, patroli gabungan akan rutin dilakukan untuk menekan pencurian kayu negara, "Patroli gabungan akan terus dilakukan, dan jika ditemukan pelaku pencurian kayu jati maupun pengrusakan hutan, akan ditindak tegas," ucap Asper Nglawungan.

Di tempat terpisah, Danramil 15/Japah Kapten Inf Muntoyono menyampaikan bahwa patroli bersama sambil ngetrail ini dalam rangka sosialisasi cegah dini bahaya ilegal logging, kebakaran hutan dan turut serta melestarikan kawasan Perhutani.

"Kita bersama instansi terkait saat ini ngetrail bareng menelusuri kawasan hutan sekaligus melaksanakan patroli dan komsos dengan masyarakat  pinggiran hutan agar menghindari hal-hal yang membahayakan kelesatrian hutan, serta menginformasikan apabila ada tindakan-tindakan yang membahayakan kelestarian kawasan hutan", ujarnya. (Tim)

Komentar