Tingkatkan Hasil Panen, Babinsa Dampingi Petani Lakukan Penyiangan


BLORASemboyan.ID - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Randublatung Kodim 0721/Blora Sertu Sunoto melaksanakan Upsus (upaya khusus) pendampingan petani dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan di Ds. Sambongwangan, Kecamatan Randublatung, Kababupaten Blora, Jumat (24/01).

Dalam pendampingan tersebut Babinsa membantu petani mencabuti rumput yang tumbuh disekitar tanaman padi Jenis mapan dengan Luas tanam 0,25 hektare (Ha) bersama-sama dengan pemilik lahan Bapak Warsito Ds. Sambongwangan, Kecamatan Randublatung.

Sertu Sunoto mengatakan, perawatan ini dilaksanakan dengan rutin agar hasil panen sesuai yang diharapkan. “Tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman padi akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman padi, karena bersaing dalam  penyerapan asupan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh yang mengakibatkan tidak optimalnya produksi,” ujarnya.

Bapak Warsito pemilik lahan yang tergabung dalam Gapoktan Sri Widodo ini mengatakan, “Merasa senang dengan kehadiran Babinsa yang memberikan arahan bagaimana cara perawatan padi dan pupuk apa yang harus digunakan agar hasil panen dapat maksimal,” tuturnya.

“Perawatan wajib dilakukan terutama pembersihan rumput liar atau gulma, penyiangan sebaiknya dilakukan sejak awal dan begitu juga dengan pembasmian hama,” pungkasnya. (Tim)

Komentar