Bantu Pembinaan Linmas, Babinsa Koramil Japah Latih PBB dan Sosialisasi Alat Pemadam Api Ringan


BLORASemboyan.ID - Dalam rangka menunjang kondusifitas Kamtibmas di wilayah desa, Pemerintah Desa Kalinanas kecamatan Japah kabupaten Blora bekerjasama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas menggelar Pembinaan dan Sosialisasi Alat Pemadam Api Ringan (apar) kepada Perlindungan Masyarakat (Linmas) desa setempat.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopimcam Todanan dan diikuti sebanyak 25 orang anggota Linmas di balai desa setempat, Senin (17/02/2020).
Linmas yang dulu lebih dikenal dengan sebutan Hansip (Pertahanan sipil), dilihat dari tugas, fungsi dan tanggungjawabnya, sangatlah penting keberadaannya di desa. Karena, merupakan garda terdepan dalam penanganan masalah keamanan, ketentraman dan ketertiban sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Dalam pembinaannya, Babinsa bersinergi dengan Pemerintahan Desa dan Babinkamtibmas dengan pembekalan secara rutin sebagai upaya untuk menjaga dan memelihara pengetahuan dan ketrampilan setiap anggota Linmas. Dalam pelatihan tersebut juga diberikan beberapa materi, yaitu wasbang dan pengaktifan kembali Pos Kamling di wilayah desa.
Babinsa Kalinanas Koramil 15/Japah, Serma Muhtadi mengingatkan pentingnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Desa dengan memaksimalkan fungsi Linmas.
“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan memantapkan disiplin anggota Linmas, sehingga dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu juga, agar tugas dan tanggung jawab Linmas dapat terlaksana dengan baik terutama tanggap terhadap bencana alam (Bencal),” ucapnya.
Kasi Trantib Kecamatan Japah Lasono menyampaikan bahwa acara ini merupakan silaturahmi bagi sesama anggota Linmas. Bagi anggota Linmas pelaksanaan pembinaan dan pelatihan ini sebagai bekal.
“Laksanakan pelatihan dengan serius dan bertanggung jawab, dan marilah kita sama-sama menjaga keamanan desa serta tanggap dengan bencana alam,” ujarnya.
Selanjutnya, sebanyak 25 anggota Linmas mengikuti pelatihan PBB dan penggunaan apar. (Tim)

Komentar