Babinsa Koramil 07/Sambong Tanggap Bencana di Wilayah Desa Binaan



Semboyan,IDBLORA - Begitu mendapat informasi tanah longsor wilayah binaannya, Babinsa Sambongrejo Sertu Sunaryo bersama perangkat desa mengecek langsung ke lokasi tanah longsor yang berada di dukuh Blimbing Rt 01 Rw 02 desa Sambongrejo kecamatan Sambong. (Senin, 13/04/2020)
Tanah longsor tersebut sudah memakan ruas jalan sepanjang ± 50 meter, jalan setapak ini merupakan jalan alternatif yang sering digunakan warga dukuh Blimbing untuk menuju ke area pemakaman.
Salah satu Warga yang sering melintasi jalan alternatif Jakiman mengatakan, ”Memang sudah mulai tahun lalu jalan alternatif ini sedikit demi sedikit terkikis oleh air apalagi kondisinya memang berada di pinggir sungai yang apabila curah hujan yang cukup lebat seperti tadi malam sudah pasti bisa longsor sewaktu-waktu, kami berharap agar Pemerintah desa Sambongrejo segera mengupayakan untuk membuat tanggul supaya longsornya tidak melebar." ujar Jakiman.
Ditempat terpisah Sertu Sunaryo selaku Babinsa Sambongrejo mengungkapkan, longsor tersebut terjadi karena struktur tanahnya bersifat gembur dan mudah sekali menyerap air karena samping jalan alternatif tersebut merupakan lahan persawahan apalagi lokasinya berdampingan dengan sungai yang arusnya lumayan deras sehingga dengan keadaan tanah tersebut apabila curah hujan tinggi sangat memungkinkan beresiko untuk longsor susulan karena tanahnya sudah mulai muncul retakan-retakan,"Tegasnya. (Tim)

Komentar