Komsos, Babinsa Balongsari Selipkan Sosialisasi Edukasi Protokol Kesehatan


Semboyan.IDBlora - Babinsa Koramil 03/Banjarejo Kodim 0721/Blora, Kopda Supriyanto melaksanakan komsos (komunikasi sosial) dengan Jiman (47), salah satu warga RT 01/01 Dukuh Kalisari, Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo di kediamannya, Selasa (29/12/2020).

Kopda Supriyanto mengatakan, bahwa kegiatan komsos tersebut merupakan tugas rutin yang dilaksanakan oleh Babinsa untuk mengetahui perkembangan di wilayah binaan. Selain itu, komsos juga sebagai sarana mempererat hubungan antara TNI dan rakyat.

Kali ini, Kopda Supriyanto menyampaikan beberapa arahan dan imbauan terkait protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan mencuci tangan menggunakan sabun.

“Virus Covid-19 dapat menyerang ke semua orang. Apalagi di usia lanjut, lebih rentan terkena dampaknya. Untuk itu, saya imbau untuk lebih banyak di rumah, tidak bersalaman dengan orang lain, dan tentu selalu mematuhi protokol kesehatan yang ada,” katanya.

Dijelaskannya, dalam situasi pandemi Covid-19, tentunya seorang Babinsa tidak boleh kendor dalam memantau dan membina wilayah teritorialnya. Hal ini dalam rangka membantu pemerintah dalam memberikan sosialisasi edukasi kepada masyarakat dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Sudah semestinya seorang Babinsa harus selalu ada di tengah-tengah warga binaannya, agar komunikasi dapat terjalin dengan baik. Apalagi dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, harus lebih banyak terjun ke masyarakat dalam memberikan sosialisasi edukasi, sehingga percepatan penanganan Covid-19 di wilayah dapat tercapai,” imbuh Kopda Supriyanto.

Di tempat terpisah Danramil 03/Banjarejo, Kapten Inf Subeno menegaskan, bahwa seorang Babinsa merupakan ujung tombaknya satuan di lapangan, sehingga harus sering memantau kondisi wilayah binaannya, terlebih di situasi pandemi Covid-19.

“Kita memang perintahkan Babinsa untuk selalu ke wilayah guna mengetahui segala informasi yang ada di masyarakat. Tentunya kita juga perintahkan untuk menyelipkan sosialisasi edukasi protokol Covid-19 di setiap komsosnya,” tegas Kapten Subeno. (pw)

Komentar