Posko Tanggap Covid Tingkat Desa Dibentuk, Satu Diantaranya Di Wilayah Koramil 03/Banjarejo


Semboyan.ID, BLORA - Posko tanggap Covid 19 tingkat desa atau kelurahan dibentuk, salah satunya yang berada di Desa Banjarejo Kecamatan Banjarejo Blora. Kamis (11/02/21)

Pembentukan posko ini sesuai arahan Pemerintah agar penanganan Covid-19 menggunakan pendekatan level mikro.

Danramil Banjarejo Kapten Inf Subeno memaparkan, ada empat fungsi prioritas posko tanggap Covid-19 tingkat desa atau lurah yang di harapkan Pemerintah, diantaranya :

  1. Sebagai pendorong perubahan perilaku masyarakat agar patuh menerapkan protokol kesehatan.
  2. Sebagai layanan kesehatan masyarakat.
  3. Sebagai pusat kendali informasi Covid-19.
  4. Senguatkan pelaksanaan 3T yaitu testing, tracing, treatment di tingkat desa atau kelurahan.

Selain empat fungsi tersebut, posko tanggap Covid-19 juga menjadi pusat komando operasi penanganan Covid-19. Posko tanggap Covid-19 bisa mengoordinasikan, mengendalikan, memantau, mengevaluasi serta mengeksekusi penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing.

"Pada prinsipnya, posko yang tersebar secara nasional ini berfungsi untuk mempermudah proses perubahan perilaku, peningkatan kesehatan masyarakat, kesejahteraan sosial dan pemulihan ekonomi," ungkapnya.

Untuk menindaknlanjuti hal tersebut saya perintahkan para Babinsa di jajaran koramil 03/Banjarejo untuk berkoordinasi dengan Pemerintah desa, Lembaga yang ada didesa, elemen Masyarakat, Bhabinkamtbmas guna tercapainya tujuan pembentukan Posko tanggap Covid 19 tinggakat desa sesuai arahan pemerintah, " Pungkasnya. (pen03)

Komentar