Dukung Program Pemerintah, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Dampingi Bidan Desa Pendataan Stunting

BLORA - Babinsa Koramil 05/Cepu Kodim 0721/Blora Serda Sutarji dan Bhabinkamtibmas Aipda Catur mendampingi Bidan Desa Nur Farida, A.Md.,Keb melakukan kunjungan dari rumah ke rumah, hal tersebut dalam rangka pendataan stunting bertempat di RT 01 RW 10 Kelurahan Cepu Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Rabu (15/2/2023)

Serda Sutarji mengatakan, dalam upaya percepatan penurunan Prevalensi angka stunting, salah satu upaya yang dilakukan adalah Sosialisasi Penanganan Stunting dan Pemberian makan tambahan (PMT) berupa Susu, Vitamin dan Biskuit dengan tujuan mempercepat tumbuh kembang anak dari Stunting tersebut, sehingga terbentuknya generasi yang cerdas serta sehat dan menjadi harapan bangsa.

Lebih lanjut dikatakan, Penentuan data stunting sangat diharuskan untuk mencegah terjadi kelalaian dalam menangani gizi buruk pada balita usia dini. ”Dengan kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan, banyak orang tua tidak tahu, tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan anak,” imbuhnya.

Terakhir dikatakan Serda Sutarji Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa dalam melakukan pembinaan teritorial “Kami selaku Babinsa di wilayah binaan akan terus meningkatkan kepedulian dan dukungan terhadap program-program pemerintah pusat hingga pemerintah desa,” tutupnya.

Secara terpisah, Danramil 05/Cepu Kapten Inf Surana mengatakan bahwa Kodim 0721/Blora berpartisipasi aktif dalam hal stunting, penurunan angka stunting memang menjadi salah program yang menjadi perhatian pemerintah, dan Kodim Blora tidak hanya membantu pendataan, tetapi juga penyuluhan dan edukasi. “Selain mengecek kesehatan gizi, sinergi petugas juga memberikan edukasi tentang cara pencegahan stunting dimulai dari pengaturan pola makan dan hidup sehat,” Ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Kami memerintahkan seluruh Babinsa Koramil Cepu untuk menggencarkan pendampingan kegiatan di Posyandu.

Kegiatan yang dilakukan TNI ini adalah wujud dukungan terhadap program Pemkab Blora dalam rangka mempercepat penurunan angka stunting dan peningkatan gizi pada Balita, sesuai target pemerintah pusat″, Pungkasnya.

Komentar