Cegah Gangguan Jaringan Listrik, Babinsa Bersama Petugas PLN Bersihkan Ranting Pohon

BLORA - Untuk mencegah terjadinya kebakaran maupun akibat korsleting listrik tegangan tinggi karena ranting maupun batang pohon, Babinsa Koramil 03/Banjarejo Kodim 0721/Blora Koptu Sinto dan Bhabinkamtibmas Polsek Banjarejo dampingi petugas PLN melaksanakan sosialisasi hingga pemangkasan, pemotongan serta pembersihan ranting dan pohon yang dekat dengan jaringan listrik tegangan tinggi, di desa Karangtalun Kecamatan Banjarejo, pada Kamis (02/3/2023).

Pemotongan, pemangkasan serta pembersihan terhadap pohon-pohon yang dipandang menghalangi dan membahayakan kabel jaringan listrik bertegangan tinggi, maka dilakukan pembersihan dengan tujuan agar tidak terjadi konsleting sehingga mengganggu terjadinya pemadaman listrik.

Selain itu pula, jika terjadi angin kencang maupun hujan secara tiba-tiba maka pohon yang lebat dekat dengan jaringan listrik dikuatirkan akan tumbang dan menimpa kabel aliran listrik. Hal ini dapat memicu terjadinya korsleting dan padamnya listrik.

Akibat tumbangnya pohon menimpa kabel listrik tegangan tinggi, bisa terjadi kebakaran pada gardu-gardu listrik dan juga membahayakan bagi warga. Untuk menghindari kejadian kejadian ini, kami bersama petugas PLN  melakukan sosialisasi dibarengi dengan pemangkasan, pemotongan dan pembersihan ranting maupun pohon yang dekat dengan kabel jaringan listrik bertegangan tinggi, kata Koptu Sinto kepada Pendim.

Komentar