Kodim 0721/Blora Gelar Rakor TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2023

Blora - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA. 2023 akan dilaksanakan di dukuh Tambakselo Desa Ngampel, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora.

Sebelum TMMD dilaksanakan, telah dilakukan rapat koordinasi teknis (rakortek) di Aula Makodim 0721/Blora, Jumat (07/07/2023).

Hadir dalam kegiatan Dandim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto, S.E., Bupati Blora diwakili Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Irfan Agustian Iswandaru, AP, M.SI., Perwakilan dari Polres Blora.

Selanjutnya, Kepala Dinas PMD Blora Yayuk Windrati, S. IP., Kepala Dinas Terkait, Pa Staf dan Danramil jajaran Kodim Blora, Forkopimcam Blora, Ketua Persit KCK Cabang XLII Dim 0721, Tim Penggerak PKK Blora, Kades Ngampel dan perangkat serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Dandim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto menyampaikan, tujuan diadakannya rapat koordinasi TMMD ini antara lain untuk mengetahui sejauh mana persiapan masing-masing koordinator untuk memaparkan kesiapannya.

Agar dalam pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2023 yang akan dibuka tanggal 12 Juli sampai dengan tanggal 10 Agustus 2023 dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Letkol Czi Yuli Hartanto, dalam arahannya mengatakan program TMMD Sengkuyung Tahap II ini dimaksudkan untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah dan menjalin tali silaturahmi serta meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat.

"Dengan kegiatan TMMD saling kerjasama secara langsung antara TNI dengan lintas sektoral dan elemen masyarakat, sehingga memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat pedesaan untuk mewujudkan Ruang, Alat, Kondisi juang dan Kemanunggalan TNI-Rakyat serta membantu pemerintah daerah untuk percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik fisik maupun non fisik dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri," ucap Dandim.

Pihaknya berharap agar warga masyarakat dapat bekerja sama bergotong royong membantu mensukseskan pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II ini.

Supaya hasil yang akan dicapai dalam kegiatan nanti sesuai kebutuhan masyarakat serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Ngampel, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora.

Dalam pelaksanaan TMMD reguler kali ini, sasaran yang akan dicapai meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik meliputi Jembatan : Panjang 12 M x Lebar 3 M, Talud : Panjang 30 M Ka/Ki dan Rambat Beton: Panjang 30 M x Lebar 3 M.

Sedangkan sasaran kegiatan Non Fisik TMMD meliputi penyuluhan penyelesaian perkara pidana dengan pendekatan restorative justice, penyuluhan wasbang dan bela negara, penyuluhan Dikmas Laka, penyuluhan peningkatan hasil pertanian, penyuluhan pendampingan industri rumah tangga, penyuluhan penanggulangan bencana alam, penyuluhan pentingnya administrasi kependudukan, penyuluhan pelestarian lingkungan hidup.

Kemudian, penyuluhan Posyandu dan Posbindu, penyuluhan perkawinan dan perceraian, penyuluhan peningkatan penghasilan masyarakat, penyuluhan penyakit tidak menular (PTM), sosialisasi undang-undang ketertiban masyarakat, penyuluhan pola asuh anak remaja di era digital dan pencegahan pernikahan anak, dan keterampilan.

Komentar