Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas, Amankan Jalannya Karnaval Dalam Memeriahkan Sedekah Bumi

Blora - Sedekah bumi merupakan ritual tradisional masyarakat jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun sejak zaman dahulu. 

Ritual ini biasanya dilakukan oleh masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani yang menggantungkan hidupnya dan keluarganya dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi untuk mencari rizki.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Sertu Sukarno Babinsa Koramil 15/Japah dalam pengamanan Karnaval dalam rangka Pawai sedekah bumi di desa Tlogowungu Kecamatan Japah kabupaten Blora, (15/08/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Petinggi Desa beserta Perangkat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Anggota Linmas dan masyarakat desa.

Pada kesempatan tersebut, Babinsa Desa Tlogowungu menyampaikan” Tradisi sedekah bumi dan tahun baru Hijriyah digelar dengan ritual berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Acara kali kali ini digelar dengan pawai karnaval yang diikuti seluruh warga dengan menampilkan kebolehan dengan kesenian kesenian tradisional,” ungkapnya.

Ditambahkannya, begitu banyak keterampilan dan kreatifitas warga masyarakat di Desa binaan dalam memeriahkan acara sedekah bumi dan tahun baru Hijriyah, terima kasih banyak atas antusias warga masyarakat dalam berpartisipasi acara ini” imbuhn

Komentar