Jaga Kearifan Lokal, Babinsa Koramil 08 Kedungtuban Hadiri Tradisi Sedekah Bumi Bersama Warga


Blora - Sedekah Bumi biasa digelar setiap tahunnya oleh masyarakat dukuh Sendang Desa Gondel Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora, dengan beberapa rangkaian kegiatan doa bersama bertempat di punden, (13/8/2023).

Sedekah Bumi ini merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur umat manusia kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Kegiatan ini merupakan salah satu tradisi uri uri budaya Jawa yang saat ini dukuh Sendang Desa Gondel yang masih memegang teguh dan melestarikan budaya-budaya nenek moyang dan tak lekang oleh perubahan zaman, salah satunya adalah perayaan Sedekah Bumi.

Acara Tahunan ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan antara desa satu dengan desa yang lain dalam perayaan Sedekah Bumi tersebut.

Rangkaian acara perayaan Sedekah Bumi di punden dengan rangkaian acara lain, memiliki perbedaan yaitu adanya acara Doa bersama, yang mana dukuh Sendang menyandingkan antara perayaan kebudayaan dengan acara keagamaan yang keduanya dikemas dalam harmonisasi yang seimbang.

Babinsa Desa Gondel Koramil 08/Kedungtuban Serda Legiono mendukung penuh kegiatan sedekah bumi yang merupakan tradisi kearifan lokal yang harus tetap dipertahankan di masa modern seperti saat ini.

Menurut Serda Legiono “kami sangat berterima kasih kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama dan para sesepuh dukuh Sendang masih bisa mempertahankan adat istiadat yang masih diteruskan dan dikenalkan kepada penerus muda,” tuturnya.

Komentar