TMMD Sengkuyung Tahap II Desa Ngampel Resmi Ditutup Dandim 0721/Blora

Blora - Kodim 0721/Blora menggelar upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 di lapangan Desa Ngampel, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Kamis (10/08/2023).

Upacara dipimpin oleh Dandim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto,S.E., sedangkan Komandan Upacara Danramil 14/Todanan Kapten Inf Agus Supriyanto, S.IP.

Pada kesempatan itu, Dandim Blora membaca amanat Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono. Disampaikannya, selama satu bulan prajurit Kodam IV Diponegoro bersama Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat bahu membahu menyelesaikan program TMMD.

“Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk pertahanan negara,” jelasnya.

TMMD Reguler tahun ini diselenggarakan di beberapa kabupaten di Jawa Tengah antara lain Kabupaten Banyumas, Kulonprogo, Grobogan, dan Karanganyar.

Selain empat Kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung atau imbangan sebagai tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara menyeluruh. secara serentak di seluruh.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik TMMD yang berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya jembatan, talud dan Jalan Makadam dapat diselesaikan tepat waktu,” ujarnya.

Pangdam IV/Diponegoro berharap agar pelihara kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Pelihara semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Untuk Dansatgas TMMD laksanakan evaluasi menyeluruh agar dapat dilaksanakan perbaikan dalam program TMMD yang akan datang.

Dijelaskan oleh Dandim Blora, sasaran TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2023 Kodim Blora. Yaitu sasaran fisik pembuatan jembatan panjang 12 meter x lebar 3 meter, talud panjang 30 meter Ka/Ki, jalan makadam panjang 30 M x lebar 3 meter. 

Sasaran non fisik berupa penyuluhan wasbang dan bela negara, penyuluhan Dikmas Laka, penyuluhan peningkatan hasil pertanian, penyuluhan pendampingan industri rumah tangga.

Serta penyuluhan penanggulangan bencana alam, penyuluhan pentingnya administrasi kependudukan, penyuluhan pelestarian lingkungan hidup, penyuluhan Posyandu dan Posbindu, penyuluhan perkawinan dan perceraian.

Sebagai tanda ditutupnya TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0721/Blora di Desa Ngampel, Dandim Blora menerima secara simbolis peralatan kerja dari perwakilan TNI, Polri dan masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan naskah dan pemukulan kentongan.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si., Danyonif 410/Alugoro Letkol Inf Muhammad Arif, S.Hub., Int, Kabag Ops Polres Blora Kompol Sudarno, S.H., Kepala PMD Blora Yayuk Windrati, S.IP., Forkopimcam Blora, Ketua Persit KCK Cabang XLII Dim 0721, Kades Ngampel, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Peserta upacara penutupan terdiri dari, 1 pleton Kodim 0721/Blora, 1 pleton Korsik Kodim 0721/Blora, 1 pleton Polres Blora,1 pleton Yonif 410/Alugoro, 1 pleton Satpol PP, 1 pleton Linmas, dan 1 pleton Ormas.

Adapun rangkaian upacara yaitu peninjauan Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023, pemotongan pita oleh Bupati Blora dilanjutkan pembagian sembako bagi warga dukuh Tambakselo Desa Ngampel.

Dandim 0721/Blora beserta Bupati Blora dan rombongan saat meninjau lokasi TMMD mengatakan, pembangunan sasaran fisik TMMD Sengkuyung tahap II sudah selesai dikerjakan semoga bermanfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 Kodim Blora dilaksanakan dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI - Rakyat Semakin Kuat”.

Komentar