Antisipasi Kerawanan Pemilu 2024, Polres Blora Gelar Simulasi Sispamkota

Blora - Kepolisian Resor Blora (Polres Blora) Polda Jawa Tengah telah menyiapkan beberapa langkah strategis dalam upaya pengamanan menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu terlihat pada kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan kota (Sispamkota), yang dilaksanakan di lapangan Kridosono Kabupaten Blora. Senin, (25/09/2023). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Blora yang diwakili oleh Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, Kapolres Blora AKBP Agus Puryadi, SH, SIK, M. Si, Dandim 0721/Blora Letkol Czi. Yuli Hartanto, SE, Danyonif 410/Alugoro Blora Letkol Inf Muhammad Arif serta Forkopimda Blora lainnya. 

Turut hadir Ketua DPRD Blora, Dansubdenpom Blora, Ketua KPU Blora dan Ketua Bawaslu Blora serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan Sispamkota diawali dengan Apel Gelar Pasukan Sispamkota dengan pasukan apel merupakan anggota gabungan dari Anggota Polres dan Polsek jajaran Polres Blora, anggota TNI Kodim 0721/Blora dan Yonif 410/Alugoro serta anggota BPPD, Dinrumkimhub dan Satpol PP Blora yang dipimpin oleh Kapolres Blora AKBP Agus Puryadi, SH, SIK, M. Si. 

Kapolres Blora AKBP Agus Puryadi, SH, SIK, M. Si mengatakan Simulasi pengamanan Pemilu itu untuk memastikan personel Polres Blora telah siap mengawal rangkaian kegiatan di tahun Politik.

"Kegiatan ini merupakan bentuk pengecekan dan kesiapan personil, sarana dan prasarana sehingga jika terjadi situasi kontijensi dalam tahapan Pemilu tahun 2024 di kabupaten Blora dapat diantisipasi secara bersama sama dengan cepat dan tepat dalam proses penangannya, " Kata Kapolres Blora. 

"Latihan ini merupakan bentuk simulasi ketika situasi keamanan di kabupaten Blora menjadi tidak kondusif, (anarkis massa) dampak dari Pemilu 2024 maka diperlukan penanganan yang sesuai dengan Undang Undang, Protap dan SOP yang berlaku, " Lanjut Kapolres Blora. 

Berbagai adegan dalam pengamanan tahapan pemilu diperagakan pada simulasi tersebut. Seluruh satuan kerja (Satker) Polres Blora diterjunkan, bahkan anggota Polsek jajaran pun ikut dilibatkan.

Komentar