Estafet Usung dan Panggul Batu, Cara Pokok Pembangunan Makadam TMMD Kodim Blora

Blora - Memindahkan atau langsir batu dengan cara di panggul dan estafet terus diaplikasikan anggota Satgas TMMD Sengkuyung III Kodim 0721/Blora bersama masyarakat Desa Sambonganyar, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Untuk estafet batu, dinilai sangat efektif dan menimbulkan canda tawa guna memelihara semangat di bawah terik matahari, di areal persawahan. Hal ini dibenarkan Peltu Suharyanto, koordinator pelaksanaan pembangunan lapangan dari Staf Teritorial Kodim Blora.

"Sasaran pengerasan makadam cukup panjang, yaitu 1. 192 meter dengan lebar 2,5 meter, sehingga perlu langsir batu estafet maupun dengan arco untuk menghemat tenaga dan memelihara semangat,” ucapnya, Jumat (22/9/2023).

Selain sasaran makadam, ada juga plat beton panjang 5 meter dan drainase panjang 35 meter juga terus digenjot.

"Cara estafet juga untuk menumbuhkan jiwa korsa dan kegotongroyongan,” imbuhnya.

Sementara itu, Risnoto (51) salah satu warga Sambonganyar, mengatakan bahwa apa yang dicontohkan anggota Satgas tersebut sangat bagus sekali sehingga membuat warga menjadi sangat bersemangat dalam bergotong-royong membangun jalan makadam.

"Kami sangat bersemangat sekali kerja dengan bapak TNI, selain memberi contoh mereka juga ikut melakukannya bersama kami, salut,” ucap Risnoto.

Komentar