Satgas TMMD Kodim Blora Gandeng DLH Gelar Sosialisasi Pelestarian Lingkungan

Blora - Satgas TMMD Kodim 0721/Blora yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora menggelar Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Hidup di lokasi kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III di Balai Desa Sambonganyar Kec. Ngawen, Selasa (26/9/2023).

Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung III Kodim Blora di wilayah Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora selain melaksanakan sasaran fisik juga dilakukan sasaran non fisik.

Salah satu sasaran non fisik yang dilaksanakan, Satgas TMMD bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora menggelar Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Hidup yang mana satgas dan Dinas DLH memberikan materi penanganan sampah dari proses pengumpulan sampah sampai pengolahan limbah yang dapat menjadi nilai ekonomis untuk masyarakat.

Dalam sosialisasinya menyampaikan, terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan bukan terjadi begitu saja. “Bencana ini utamanya terjadi karena kurangnya daerah resapan air akibat penggundulan hutan dan alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian dan bangunan,” katanya.

Cara melestarikan lingkungan, lanjutnya, diantaranya menjalankan program penanaman pohon agar manfaat penanaman tersebut juga dapat dirasakan oleh anak cucu nantinya. 

Ia juga berpesan kepada masyarakat agar mengurangi pencemaran udara melalui pembakaran lahan, sebab dampak pencemaran udara sangat tidak baik bagi pernapasan dan banyak penyakit yang timbul akibat pencemaran tersebut.

“Dengan Sosialisasi Lingkungan Hidup ini diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan sekitar," tegasnya.

Komentar