Kodim 0721/Blora Gelar Sosialisasi Netralitas TNI Pada Pemilu Tahun 2024

Blora - Kodim 0721/Blora menggelar Sosialisasi Netralitas TNI dalam Pemilu Tahun 2024 di aula Makodim. Sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala Staf Kodim 0721/Blora Mayor Inf Bani dan dihadiri oleh seluruh anggota TNI dan PNS Kodim 0721/Blora. Jumat (20/10/2023).

Dalam penyampaiannya Kepala Staf Kodim 0721/Blora Mayor Inf Bani mengatakan sosialisasi Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

“Bagi prajurit TNI tidak ada kata lain kecuali harus netral. Artinya, netralitas TNI adalah bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis,” tegas Kasdim. “Pada intinya Netralitas TNI dalam pemilu adalah harga mati, maka penegasan ini berlaku seluruh bagi seluruh anggota TNI khususnya Kodim Blora,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ps Pasi Intel Lettu Arm Gunawan Hendro Saputro saat mengisi sosialisasi menjelaskan sesuai instruksi Panglima TNI Laksamana TNI Yudho Margono bahwa tidak ada satupun anggota TNI ikut terlibat politik praktis atau mendukung salah satu calon dalam Pemilu mendatang, hal ini merupakan penegasan penekanan ulang untuk mengedepankan netralitas.

“TNI dalam menjalankan tugas pengamanan harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis, prajurit TNI harus cerdas menyikapi setiap perkembangan lingkungan strategis seperti upaya adu domba, provokasi, penyalahgunaan media sosial dan serangan siber dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Lettu Arm Gunawan Hendro Saputro menekankan kepada seluruh anggota harus mematuhi aturan hukum serta hindari pelanggaran sekecil apapun yang dapat menurunkan citra TNI dan tetap memegang teguh komitmen netralitas dalam pemilu serta meningkatkan kemanunggalan dengan rakyat.

Komentar