Kodim 0721/Blora Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

BLORA – Kodim 0721/Blora menggelar upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, yang berlangsung dengan khidmat di Lapangan Makodim Jl. Pemuda no. 44 Blora, Minggu (01/10/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Kasdim 0721/Blora Mayor Inf Bani, Komandan Upacara Danramil 04/Tunjungan Lettu Inf Sumarno, Perwira Upacara Pasipers Lettu Czi Didik Pujiono, Pembaca naskah ikrar Serda Dona Rifki, Pembaca UUD 1945 Serka Teguh Winarko, Pembaca Doa Serda Wanto.

Dalam kesempatan tersebut inspektur upacara Kasdim Mayor Inf Bani membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., Pancasila sebagai landasan negara Indonesia adalah tonggak utama yang telah membawa kita melalui berbagai cobaan dan perubahan dalam sejarah.

Pancasila telah berhasil mengikat keanekaragaman suku, agama, ras, dan golongan yang ada di Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan tujuan nasional yang mulia, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia, dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Dalam momentum ini, mari kita menundukkan kepala sejenak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raga mereka demi tegaknya Pancasila.

Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga dan melindungi Pancasila adalah tugas kita bersama. Kita semua memiliki tanggung jawab yang besar untuk melestarikan, mempertahankan, dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan dan sikap kita sehari-hari. Tanpa aksi nyata mustahil Pancasila bisa tetap bertahan di bumi Nusantara.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini diikuti seluruh anggota Kodim 0721/Blora, Subdenpom IV/3-1 Blora dan Minvetcad 27/Blora baik militer maupun PNS.

Komentar