Peduli Warga, Babinsa Koramil Kedungtuban Bantu Warga Ambil Air Bersih

Blora - Bantu warga atasi kesulitan air bersih lantaran jarak yang cukup jauh, anggota Kodim 0721/Blora membantu warga mengambil air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seperti yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Kedungtuban Serka Sujanarko, Rabu (11/10/2023). Babinsa Desa Kalen itu membantu warga mengambil air di bak buatan untuk penampungan yang sudah didoping mobil tangki.

Warga Desa binaan Babinsa di Desa Kalen selama ini bergantung pada sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Meski jarak yang cukup jauh, namun jarak itu tidak mematahkan semangat prajurit TNI untuk membantu warga yang kesulitan air bersih.

Hal itu dilakukan Serka Sujanarko sebagai wujud kepedulian TNI terhadap warga desa binaan. Kadang menggunakan sepeda motor atau dipikul untuk mengangkut jerigen yang berisi air.

Meski demikian, prajurit TNI berpangkat Sersan Kepala (Serka) Kodim Blora ini tidak pernah bosan membantu warga Desa binaannya. Baginya rakyat merupakan keluarga TNI, bersama rakyat TNI kuat, dan itu tidak terlepas dari filosofi TNI berasal dari rakyat.

Hal itu dilakukan mengingat mengingat pada setiap musim kemarau sering terjadi krisis air di beberapa Desa di Kecamatan Kedungtuban.

“Untuk dapatkan air bersih warga harus rela mengangsu dengan jerigen,” ujar Serka Sujanarko.

Kegiatan Komunikasi sosial (Komsos) yang dilakukan oleh Anggota Babinsa Koramil 08/Kedungtuban merupakan sebagai satu metode pembinaan teritorial. Tujuannya agar terjalin komunikasi dan interaksi yang baik antara Babinsa dan warga Desa binaannya, sehingga diharapkan terwujudnya hubungan emosional yang erat antara TNI dan warga.

Komentar