Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 0721/Blora Laksanakan Garjas Periodik

Blora - Kodim 0721/Blora menggelar Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik semester II tahun 2023 yang dipusatkan di Lapangan Yonif 410/Alugoro, Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Bangkle Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Kamis (12/10/2023).

Pelaksanaan Garjas tersebut merupakan program TNI AD yang mana rutin dilaksanakan secara berkala oleh jajaranya guna pemeliharaan kemampuan fisik prajurit, hal tersebut juga sebagai tolak ukur kesatuan untuk melihat kondisi dan kemampuan jasmani prajurit guna untuk menunjang tugas sehari- hari.

Pelaksanaan Garjas tersebut diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 0721/Blora dengan melaksanakan kesegaran A dan B yang terdiri dari, lari 12 menit, Pull Up, Sit Up, Push Up, Shuttle Run serta dilanjutkan dengan ketangkasan yaitu renang dasar militer.

Dandim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto, S.E., melalui Kasdim Mayor Inf Bani menjelaskan bahwa, sebelumnya para peserta terlebih dahulu diwajibkan untuk mengisi daftar absensi, kemudian melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan oleh petugas kesehatan serta dilanjutkan dengan pemanasan yang di pandu oleh tim jasmani militer dari Korem 073/Makutarama sebelum melaksanakan Garjas.

“Saya berharap para peserta sekalian dapat melaksanakan kegiatan tes kesamaptaan ini dengan maksimal, Namun demikian faktor keamanan dan keselamatan adalah yang paling utama, karena tujuan kita sebenarnya adalah pembinaan fisik prajurit,” tegasnya

Sementara hal senada juga ditambahkan oleh Pasi Pers Korem 073/Makutarama yang ikut langsung memantau pelaksanaan kegiatan Garjas tersebut Mayor Cba Irman Suwandi Koto, Garjas merupakan satu bentuk kesejahteraan dan moril bagi prajurit juga sebagai upaya kesatuan dalam memelihara kondisi kesamaptaan prajuritnya agar tetap sehat dan prima.

“Kegiatan ini kita gelar selama dua hari dengan harapan semua anggota kodim 0721/Blora bisa melaksanakannya secara bergantian dan saya harapkan kepada seluruh peserta untuk selalu menjaga faktor keamanan karena yang tahu kondisi fisik maupun kemampuan adalah anggota itu sendiri,” ujar Pasi Pers Korem 073/Makutarama.

Komentar