Upacara 17-an Bulan Oktober, Dandim 0721/Blora Bacakan Amanat Panglima TNI

BLORA - Guna menjunjung nilai patriotisme kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kodim 0721/Blora menggelar upacara bendera 17-an di Halaman Makodim Jalan Pemuda No. 44 Blora. Selasa (17/10/2023)

Bertindak selaku inspektur upacara Dandim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto, S.E., dan diikuti jajaran prajurit dan PNS TNI AD di wilayah Blora mulai dari Kodim 0721/Blora, Subdenpom IV/3-1 Blora, Minvetcad IV-27/Blora, dan Rumkitban Blora.

Dalam amanatnya Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan Letkol Czi Yuli Hartanto mengatakan, rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI telah berjalan dengan lancar dan sukses. "Selaku pimpinan TNI saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi dan kerja keras seluruh prajurit dan PNS TNI di manapun berada dan bertugas," ujarnya.

Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh satuan atau instansi yang terlibat dalam latihan Asean Solidarity Exercise (ASEX-01N), pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo dan Jakarta serta pengamanan KTT Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau KTT AIS Forum 2023 yang baru kita laksanakan di Bali kemarin.

Kita telah mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh tamu negara peserta yang hadir. Hal tersebut tidak lepas dari kerja keras dan sinergitas yang baik dengan instansi yang terlibat. Sekali lagi, kita telah mampu menjawab amanah rakyat tersebut.

Tidak henti-hentinya saya menekankan, bahwa dalam waktu dekat, bangsa kita akan menyelenggarakan Pemilihan Umum tahun 2024, yang mencakup Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif, serta pemilihan Kepala Daerah secara serentak.

"Ketertiban, kelancaran, dan kesuksesan dalam penyelenggaraan agenda pesta demokrasi tersebut sangat vital. Para prajurit TNI harus peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi yang terjadi," tegasnya

Netralitas TNI adalah sebuah komitmen yang jelas dan tidak bisa ditawar-tawar. TNI harus netral, karena TNI memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional.

"Sebagai salah satu pilar utama dalam pertahanan negara, TNI memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjamin tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan sejuk," pungkasnya.

Komentar